gmail4Makin banyak kemudahan diberikan Gmail. Kalau bulan lalu kita menikmati fitur Undo Send, juga kemampuan preview YouTube, Picasa, Flickr, dan Yelp, kini ada tambahan lain. Sekarang Gmail akan mengusulkan kepada Anda siapa-siapa saja yang juga perlu dikirimi e-mail. Fitur ini bernama “suggest more recipients.” Fitur ini bekerja berdasarkan percakapan-percakapan Anda sebelumnya.

Dengan kata lain, kalau Anda punya thread dengan sekelompok orang, maka kali berikutnya Anda menambahkan beberapa nama dari para penerima itu ke field address, Gmail dapat merekomendasikan orang-orang lain yang mungkin juga ingin Anda tambahkan.

Contoh, jika Anda sering mengirimkan foto-foto keluarga ke mama, papa, suami, kakak, adik, dan nenek Anda, Gmail dapat menyarankan Anda untuk juga menambahkan nama kakak, adik, nenek dan suami Anda setelah Anda memasukkan alamat e-mail mama dan papa Anda. Fitur “suggest more recipients” menjadi aktif setelah Anda menambahkan minimal dua nama penerima dalam e-mail. Untuk menambahkan alamat yang diusulkan, Anda cuma perlu mengklik pada tautan-tautan (link) yang diusulkan.

Hal paling menyenangkan di sini, Anda tidak perlu menyimpan semua kontak tadi di contact manager Gmail. Tidak perlu repot-repot men-create dan mengelola kelompok atau mencari-cari pesan lama dan menekan Reply All. Gunakan saja fitur “suggest more recipients” untuk secara cepat memulai thread baru dengan kelompok orang yang sama yang pernah Anda kirimi e-mail.

Bagaimana mengaktifkan fitur ini? Sama seperti fitur-fitur lain yang ada di opsi Gmail Labs, yakni pilih Settings, pilih tab Labs, lalu gulung ke bawah sampai menemukan menu “suggest more recipients”, dan aktifkan (enable), lalu pilih Save Changes.